Monday, July 7, 2008

Candi Prambanan

pakansi Candi Prambanan vacation yogyakartaCandi Prambanan, dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Wamca (Dinasty) Sanjaya. Candi ini dibangun sebagai sebuah bukti kejayaan Agama Hindu di Jawa. Tingginya yang mencapai 17 meter menjadikan Prambanan dibanding Candi Borobudur, lebih tinggi sekitar 5 meter.

Candi Prambanan memiliki tiga candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa yang merupakan lambing Trimurti atau tiga dewa penguasa jagat yang ada dalam Agama Hindu. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat. Candi Siwa didampingi Nandini, Brahmana didampingi Angsa dan Garuda mendampingi Wisnu. Ketiga pendamping adalah tunggangan dari yang didampingi.

Candi Siwa yang terletak di tengah-tengah merupakan candi paling tinggi. Di dalam candi ini terdapat empat ruang. Satu ruang berisi archa Siwa, sementara tiga ruang yang lain berisi archa Durga yang merupakan istri Siwa, Guru Siwa, Agastya dan putra Siwa Ganesha. Sedangkan di candi Wisnu yang terletak di sebelah utara candi Siwa hanya ada satu ruangan yang b erisi archa Wisnu. Demikian juga candi Brahmana yang terletak di sebelah selatan candi Siwa, anda juga hanya akan menemukan satu ruangan berisi arca Brahmana.

Candi Prambanan ditemukan kemballi oleh orang Belanda bernama C.A Lons yang mengunjungi Jawa pada 1733 dan melaporkan tentang adanya reruntuhan candi yang ditumbuhi semak belukar. Usaha pertama kali untuk menyelamatkan candi Prambanan dilakukan oleh Ijzerman pada tahun 1885 dengan membersihkan bilik-bilik candi dari reruntuhan batu. Sebagian besar candi juga terkubur dengan kedalaman sekitar tujuh meter. Diduga, kerusakan hebat Prambanan terjadi karena letusan Merapi sekitar tahun 1672.

Candi Prambanan terletak di Jalan Solo Km-17. Bisa dicapai dengan mudah menggunakan angkutan umum. Selain candi pengunjung juga bisa bersantai di taman candi.

0 comment: