Tuesday, July 1, 2008

Goa Selarong

vacancy Goa Selarong pakansi yogyakarta jogjakarta jalan-jalanGoa Selarong terletak di bukit Selarong, di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, atau sekitar 14 kilometer arah selatan kota Jogja. Posisinya yang di atas bukit menjadikan pemandangan di daerah ini sangat indah.

Goa Selarong pernah menjadi markas Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda dalam perang yang berlangsung pada tahun 1825-1830. Pangeran Diponegoro pindah ke goa Selarong setelah rumahnya di Tegalrejo dibakar Belanda.

Untuk mencapai goa Selarong ini tidak mudah. Harus melewati puluhan anak tangga buatan. Goa Selarong terdiri dari dua goa alam, yakni goa Kakung dan goa Putri. Goa Kakung terletak di sebelah barat berukuran 3 X 3 m dengan tinggi 180 cm, yang digunakan Pangeran Diponegoro sebagai tempat bersembunyi dan merancang perang melawan Belanda. Di goa yang merupakan ceruk buatan ini juga terdapat semacam tempat tidur, yang dipakai Sang Pangeran untuk beristirahat dan bermenung. Didinding goa Selarong ini ada sejumlah coretan Pangeran Diponegoro yang saying sudah tidak dapat terbaca lagi.

Sedangkan goa Putri terletak di sebelah timmur berukuran lebih luas, yakni 8 X 4 m dengan tinggi 180 cm. Goa ini merupakan ceruk alam, yang digunakan istri prajurit dan anak-anak. Goa Putri juga kerap dipakai sebagai tempat pertemuan untuk mengatur siasat perang.

Goa ini juga memiliki sejumlah peninggalan sejarah lainnya. Pada bagian depan goa terdapat sejumlah umpak, yakni alas penyangga tiang yang terbuat dari batu hitam. Juga, terdapat sendang yang digunakan sebagai tempat wudhu.

0 comment: