Monday, June 23, 2008

Candi Sambisari

vacancy candi sambisari yogyakarta pakansi karyowinangunCandi Sambisari terletak di desa Sambisari kelurahan Purwomartani, sekitar 12 km dari pusa yogyakarta. Candi ini pertama kai ditemukan pada tahun 1966, oleh seorang petani bernama Karyowinangun yang tanpa sengaja cangkulnya membentur batu candi.

Dari hasil penggalian oleh balai Arkeologi Yogyakarta pada juli 1966 diperoleh kepastian daerah tersebut terdapat sebuah situs candi dan dinyatakan sebagai daerah suaka budaya. Pada tahun 1987 pemugaran rekontruksi ulang terhadap komplek candi dapat diselesaikan dengan posisi candi pada kedalaman 6,5 meter dari permukaan tanah sehingga candi ini juga sering disebut dengan candi bawah tanah. Berdasarkan penelitian geologis ditemukan unsure material gunung Merapi yang menimbun candi itu.

Candi Sambisari merupakan candi hindu dari abad ke-10 yang diperkirakan dibangun oleh seorang raja dari dinasti Sanjaya, dengan patung Shiwa sebagai mahaguru menempati bilik utamanya.

Komplek candi Sambisari saat ini tampak dengan empat buah bangunan candi dengan dibatasi oleh tembok yang mengelilinginya dengan total luas 50 x 48 meter paad posisi di sekeliling tanah yang telah diadakan penggalian. Pada bangunan candi utama yang terbesar memiliki ketinggian 7,5 meter dan berbentuk bujur sangkar yang berukuran 15,65 x 13,65 meter pada bagian bawah candinya, sedang badan candi berukuran 5 x 5 meter. Diperkirakan komplek candi tidak hanya seluas itu tetapi bisa lebih luas jika diadakan penggalian lebih lanjut, tetapi dikhawatirkan tidak dapat menyalurkan air untuk dibuang karena posisinya lebih rendah daripada sungai yang ada di sebelah baratnya. Pintu masuk ke dalam kompleks candi Sambisari pada keempat sisi bujur sangkar dengan menuruni tangga.

Untuk mencapai candi ini bisa dengan menggunakan bis jurusan Jogja – Solo dampai km 10 dan tinggal mengikuti petunjuk arah candi. Dari jalan Solo ini perjalanan masih 2 km lagi yang dapat ditempuh dengan naik alat transportasi local, seperti ojek.

0 comment: