Monday, June 23, 2008

Rasa Khas Gudeg dan Tongseng Jamur

vacancy yogyakarta Rasa Khas Gudeg dan Tongseng Jamur pakansi jogjakarta jogjaDi dusun Niron, Pendowoharjo, Sleman terdapat rumah makan unik yang diberi nama Jejamuran. Sesuai dengan namanya, rumah makan itu memang menyediakan berbagai makanan dari bahan dasar jamur.

Makanan yang disediakan mulai sate jamur, tongseng jamur, jamur saus tiram, bahkan ada juga gudeg jamur.

Menurut Hendaryati, pemilik rumah makan jamuran mengatakan ide awal pembuatan gudeg jamur karena banyak jamur yang dikembangkan suaminya. Hasil budidaya jamur itulah yang kemudian diolah untuk keperluan rumah makan sekaligus untuk memasarkan hasil lainnya.

Pembuatan gudeg dari jamur lebih mudah dibandingkan dengan gudeg yang berbahan baku nangka. Jika gudeg biasa membutuhkan waktu berhari-hari untuk memasak, tetapi jamur cukup direbus kemudian esoknya sudah bisa dimasak.

Selain rasanya sama, gudeg dari jamur memiliki keunggulan yakni kandungan vitamin yang lebih banyak. Harganya pun juga cukup murah yakni hanya Rp 5.000/porsi. Gudeg jamur terasa semakin enak jika ditambah sambal goreng serta satu butir telur ayam.

Untuk mencapai daerah ini sangatlah mudah karena tidak jauh dari jalan Magelang tepatnya perempatan Turi. Dari Jogja bisa menggunakan angkutan umum jurusan Jogja – Tempel dan turun di perempatan Turi. Dari perempatan Turi tinggal jalan kearah utara sekitar 200 meter.

0 comment: