Tuesday, June 24, 2008

Pantai Siung, Surga Para Petualang


Pantai Siung terletak di kawasan desa Purwodadi kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul. Dengan ratusan tebing curam, kawasan ini seolah menjadi surga bagi para petualang, khususnya yang gemar melakukan panjat tebing.

Sebagai pendukung kegiatan panjat tebing, di wilayah pantai ini juga terdapat bumi perkemahan yang berada di sisi timur pantai. Pendatang yang menginap juga diperbolehkan menyalakan api unggun dengan syarat tetap menjaga lingkungan. Di tempat ini, pengunjung juga bisa menikmati ikan baker yang dibeli langsung dari nelayan yang pulang melaut.

Pantai Siung juga merupakan salah satu habitat penyu. Jika beruntung, pengunjung bisa menyaksikan penyu naik ke daratan untuk bertelur. Namun siapa yang ketahuan mengganggu binatang-binatang ini, harus siap menanggung resiko sanksi tegas dari penjaga pantai.

Di tempat ini juga dibangun sebuah rumah panggung yang juga bisa digunakan untuk menginap. Bentuknya yang menghadap ke pantai, menjadikan orang bisa dengan nyaman menikmati keindahan Siung yang mempunyai hamparan pasir putih.
Bukan hanya penyu saja yang bisa dinikmati pengunuung pantai ini. Saat malam, ratusan kera ekor panjang turun dan bermain-main di pantai,. Kera jenis ini termasuk binatang yang dilindungi, sehingga menangkap atau membunuh mereka juga menjadi larangan keras.

Suing mulai dikenal sebagai tempat olah raga panjat tebing, ketika sekitar tahun 1989 sekelompok pecinta alamdari Jepang melakukan olah raga tersebut di tempat ini. Pada tahun 1990-an tempat ini juga menjadi ajang kompetisi Asian Climbing Gathering. Dan sekarang, lebih dari 200 titik telah menjadi jalur olah raga petualangan tersebut.

Pantai ini terletak sekitar 5 km dari wonosari, ibu kota kabupaten Gunungkidul atau sekitar 80 km dari kota jogja. Jika menggunakan angkutan umum, memang belum begitu mudah, karena angkutan umum hanya sampai kecamatan Tepus saja, sementara angkutan ke pantai belum ada. Jika menggunakan kendaraan pribadi lebih mudah. Apalagi jalur sampai ke pantai seluruhnya sudah di aspal.

0 comment: