Monday, June 23, 2008

Gunung Gambar

Gunung Gambar yang terletak di Ngawen, kabupaten Gunungkidul, merupakan markas pertahanan RM Said atau dulu dikenal dengan Pangeran Sambernyowo. Nama itu begitu mengemuka saat rakyat Gunungkidul melawan VOC.

Banyak orang yang percaya sebuah batu besar di puncak gunung ini merupakan tempat Pangeran Sambernyowo melakukan semedi atau bertapa. Beberapa tapak di bebatuan yang ada di gunung tersebut konon diyakini sebakai bekas tapak kaki Pangeran Sambernyowo dan kudanya.

Dari sini sejarah, daerah Ngawen, sedianya menjadi bagian dari Surakarta. Namun, kemudian masyarakat memilih untuk bergabung dengan jogjakarta. Meski secara kultur memiliki banyak kesamaan antara masyarakat Ngawen dengan Solo. Salah satunya upacara pernikahan daerah ini bahkan yang lebih mirip dengan gaya Solo daripada gaya Jogja.

Obyek wisata yang terletak 39 km dari Wonosari atau sekitar 70 km dari Jogjakarta ini terus dikembangkan sebagai tempat wisata alam. Dengan tempat yang terletak 200 meter lebih di atas permukaaan laut, menjadikan pemandangan daerah ini begitu indah. Dari puncak gunung ini pengunjung bisa melihat rawa Jombor di Klaten serta genangan waduk Gajah Mungkur di kejauhan. Pada malam hari tidak jarang orang juga dating ke tempat ini untuk menyaksikan gemerlap Klaten dan Solo.

Selain sebagaitempat wisata alam,puncak Gunung Gambar juga masih sering digunakan untuk ziarah. Kebanyakan mereka justru datang dari daerah Solo. Mereka biasanya datang pada hari-hari tertentu dengan tujuan tertentu pula.

Untuk mencapai tempat ini bisa ditempuh dari Jogjakarta maupun dari Klaten. Jika dari Jogja, jalur yang ditempuh melalui Wonosari dan langsung ke Ngawen. Semntara dari sisi utara bisa masuk melalui Klaten dan langsung menuju ke Ngawen pula.

0 comment: