Sunday, September 14, 2008

Bobung, rezeki peninggalan Sunan Kalijaga

Bobung, desa Putat, kecamatan Patuk jaraknya hanya 10 km arah barat kota Wonosari atau 30 km arah timur Jogja. Daerah ini dikenal sebagai sentra kerajinan batik kayu.

Kerajinan batik kayu di Bobung berawal dari kebutuhan topeng kayu untuk lakon-lakon dalam seni tari Topeng Panji yang berkembang di dusun ini sejak sekitar 1960. Karena tarian itu juga terus berkembang ke daerah lain, maka kebutuhan akan topeng inipun juga meningkat. Tari Panji, nama tarian tersebut, konon diciptakan Sunan Kalijaga sebagai media dakwah. Tarian ini juga masih dipentaskan untuk menghibur pengun¬jung yang datang.

Selain bentuk topengnya khas, mirip dengan penggambaran tokoh wayang purwa yang matanya tertarik ke atas dengan hidung lancip, motif batik yang mendasari pewarnaan topeng menambah nilai keindahan topeng. Dari tahun ke tahun akhirnya daerah ini berkembang sebagai sentra kerajinan batik kayu. Bukan hanya topeng yang diproduksi,tetapi berbagai bentuk kerajinan lain.

Akhirnya, saat ini warga yang semua menjadi petani sejak pertengahan 1980-an masyarakat mulai bergeser menjadi perajin. Kerajinan batik kayu dari Bobung sudah menembus dunia.

Pada tahun 2000, desa ini secara resmi dicanangkan sebagai desa wisata yang menjadikan aktivitas seni di daerah tersebut semakin meningkat. Sikap penduduk yang ramah semakin. menjadikan orang betah berlama-lama di desa ini. Meski hanya sekedar melihat tanpa membeli tidak ada sikap sinis dari pemilik toko. Selain melihat di toko, pengunjung juga bisa langsung melihat produksi topeng.

Kini, kerajinan batik kayu di Bobung sudah berkembang. Modelnya pun tidak terbatas pada bentuk topeng klasik. Berbagai model binatang seperti gajah, kuda, dan lain sebagainya juga diproduksi.

Untuk mencapai daerah ini tidak sulit bisa menggunakan kendaraan umum dari Jogja dan berhenti di perempatan Patuk. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke lokasi.

0 comment: