Wednesday, September 3, 2008

Candi Barong, pemujaan terhadap Dewi Sri

pakansi candi barong, pakansi yogyakartaCandi Barong terletak di lereng pegunungan boko. Berada di ketinggian kuranglebih 200 meter dpl, di Desa Candisari, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Disebut Candi Barong karena hiasan Kala pada candi ini berbentuk seperti kepala Barong di Bali itu.

Candi ini diperkirakan dibangun antara abad IX-X. Keberadaan sebuah area yang diduga merupakan penggambaran Dewi Sri mejadikan peneliti mengelompokkan candi ini sebagai candi Hindu. Selain itu juga ada hiasan kerang bersayap (sankha) yang merupakan salah satu simbol dewa Wishnu. Sedangkan bagian puncak yang berbentuk permata.

Dewi Sri merupakan dewi kesuburan. Pembangunan candi di daerah ini kemungkinan karena kondisi tanah yang tidak subur sehingga dengan adanya tempat, pemujaan candi ini diharapkan tanah menjadi lebih baik.

Kompleks Candi Barong tersusun atas 3 tingkat. Tingkat pertama merupakan dasar dari seluruh bangunan candi berupa tanah datar. Tingkat kedua berupa pelataran yang ditengarai dulunya sebagai tempat berdirinya bangunan yang menggunakan unsur kayu selain unsur batu. Tingkat kedua ini adalah tingkat yang paling suci, di mana terdapat 2 buah candi utama dan sebuah gerbang.

Pelataran kedua ini berukuran sekitar 12 x 8 meter. Pada pelataran ditemukan puing-puing batu sisa bangunan. Sedangkan pada tingkat ketiga berdiri Candi Barong tersebut. Sebelum masuk ke kompleks candi, ada sebuah gapura berhias motif Kala-Makara.

Ada 2 buah candi utama yang posisinya kurang simetris karena candi ini cenderung menjorok ke selatan. Candi pertama, yang berada persis di depan gerbang candi merupakan candi untuk menghormati Dewa Wisnu, sedangkan candi di sampingnya merupakan candi untuk menghormati Dewi Sri.

Kondisi candi sampai saat ini masih baik. Namun area-area yang seharusnya mengisi relung-relung candi tidak lagi ditemukan.

Untuk mencapai candi ini dari pertigaan Prambanan, ambiI jalur ke selatan, hingga, bertemu papan penunjuk arah Candi Banyunibo. Jika ke Candi Banyunibo belok ke kanan (selatan), untuk ke Candi Barong jalan lurus kemudian belok ke kiri. Letak Candi Barong ada di sebelah timur Candi Banyunibo tapi berada di atas bukit.

1 comment:

duo brother said...

Barong archetype proved Barong culture was had been existing long long years ago and proved the ethnicts or the tribes who had that culture were close similar and moreover come from one Family.